Skip to content

Memupuk Tanaman Hias

29 Desember 2010

Memupuk Tanaman Hias

Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa merupakan negara istimewa – yang dikenal memiliki keanekaragaman hayati. Dari sekian juta tanaman yang dapat tumbuh di Indonesia, banyak di antaranya yang dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Tanaman hias memiliki keindahan, baik pada bunga, daun maupun pada keseluruhan bagian tanaman. Berbeda fungsi tanaman hias tergantung dari bagian tanaman – yang dimanfaatkan manusia. Tanaman hias dengan bagian bunga- yang dianggap memberi keasriannya akan memerlukan perlakuan berbeda baik pemupukan maupun perawatannya dibanding dengan tanaman hias daun (tahidu) maupun tanaman hias buah (tabulampot).

Tanaman hias ini umumnya digunakan orang untuk meningkatkan kenyamanan hidup serta menciptakan lingkungan yang bersih dan segar. BEBERAPA jenis tanaman hias memiliki fungsi ganda, yaitu selain sebagai tanaman hias juga sebagai obat untuk beberapa penyakit yang lazim ditemukan di kalangan masyarakat. Manfaat masing-masing tanaman hias tersebut tidak sama karena kandungan di dalamnya juga berbeda. Dengan kandungan yang berbeda tersebut, dapat dibuat ramuan obat yang berasal dari satu tanaman atau dari beberapa tanaman.

Jenis tanaman hias dilihat dari yang paling membentuk keindahannya dapat dikatagorikan kepada :

Katagori Tanaman Hias Daun (Tahidu):

umum dibudidayakan berbagai jenis tanaman hias dengan daun sebagai pembentuk keindahan. Jenis ini cukup bervariasi, mulai dari tanaman hias yang pada umumnya didominasi warna hijau, seperti Miana atau Coleus (Coleus hybrid) yang tampil memikat dengan warna-warna kontras. Kehadiranya di taman akan memberi nuansa lebih semarak. Cocok ditanam masal sebagai tanaman hamparan atau border. Demikian juga kaktus (jenis kaktus mote, udang, dan cecak), Aglaonema atau dikenal dengan sri rejeki hingga tanaman hias gantung, semacam kapasan, katerlak, Adiantum atau suplir, Anthurium crystallinum atau kuping gajah dan varigata. Jenis tanaman hias ini memerlukan dosis Nitrogen (N) pada komposisi dominan terhadap P2O5 maupun Kalium (K2O) ditambah dengan kandungan Magnecium (Mg), Sulfur (S) dan Calcium (Ca) serta Micro Element (TE) – sebagaimana terdapat pada pupuk Gramafix Tanaman Hias Daun ( 22-7-11- 2-4-3 +1)

Katagori Tanaman Hias Bunga ( Tahiba):

Tanaman hias ini, selain daunnya memberi daya tarik tersendiri, bunganya juga amat memikat, misalnya Begonia semperflorens – yang merupakan salah satu jenis Begonia bunga. Ia tetap mungil dan berbunga setiap saat sepanjang tahun.Tanaman yang daunnya bulat mengkilat ini, memiliki bunga bervariasi, dari putih sampai ke merah merona. Demikian juga Jenis tanaman hias bunga lainnya yang cantik adalah Saintpaulia ionantha – yang juga dikenal dengan African violets dan violltjes ayau Begonia rex (Bigonia sp), Bintang buni ( Crytanthus sp), Bunga angsa (
Aristolochia sp), Bunga harumsari ( Buddleja asiatica), Bunga bokor ( Hydrangea hortensis), bunga kana ( Canna indica), Bunga kupu-kupu ( Bauhinia purpurea), Bunga kancing (Gomphrena globosa), Bunga kuku macan (Mucuna bennetii), Bunga matahari ( Helianthus annus) dan Bunga mentega (Taberna emontana coronaria). Jenis tanaman hias dengan bunga sebagai objek pokok memerlukan jenis dan komposisi pupuk dengan Kalium (K2o) dominan terhadap Phosphor (P2O5) namun setara dengan kandungan Nitrogen (N) ditambah dengan Mg, S dan Ca serta Micro Element – sebagaimana terdapat pada Gramafix Tanaman Hias Bunga ( 17-8-17- 3-7-3 +1).

Katagori Tanaman Buah Dalam Pot (Tabulampot)

Tanaman hias kini bukan dari jenis perdu dan rambat serta tanaman berdaun dan berbunga kecil, tanaman buah telah juga diandalkan keindahan perpaduan buah dengan seluruh tanaman dalam pot. Jenis alpukat, durian, gandaria dan nangka besar adalah beberapa contoh tanaman buah yang bisa ditanam dalam pot – walaupun sulit dijadikan sebagai tanaman dalam pot. Sedangkan jambu bol, jambu mawar, manggis, duku, jamblang, lengkeng, nangka madu dan rambutan termasuk contoh yang relatif agak mudah dibudidayakan sebagai tanaman dalam pot. Umumnya buah dengan berat 0,5 kg – yang dijadikan tanaman pot dengan mudah antara lain belimbing, jambu air, jambu biji, jeruk-jerukan, sawo, delima, kelengkeng, dan paling besar adalah buah mangga. Berbagai jenis tanaman hias ini memerlukan pupuk berimbang, selain dibedakan dari jenis pupuk kimia dan kompos, juga memerlukan unsur hara utama komposisi Nitrogen dan Kalium. Pupuk Gramafix Tanaman Hias Buah ( 17-8-17- 3-7-3+1) telah diformulasi khusus ditujukan bagi tanaman buah dalam pot akan sangat memudahkan pehobi tanaman hias menggunakannya pada tabulampot*)

http://www.pemupukan.info/2006/07/memupuk-tanaman-hias-untuk-makin.html

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: